Kamis, 27 Oktober 2016

tugas 2



1.       Definisi Bisnis

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba (profit).

2.       Cara Mengklasifikasikan Bisnis

Bisnis terdiri dari berbagai jenis, oleh karena itu bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda.
Cara yang dapat digunakan adalah :
1.       Berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
·         Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari bahan baku atau komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
·         Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
·         Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko  dan perusahaan yang berorientasi konsumen adalah distributor atau pengecer.
·         Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang meproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
·         Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
·         Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari penjualan kembali properti  intelektual (intellectual property).
·         Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
·         Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
·         Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

3.       Beberapa Karakteristik Sistem Bisnis

Ø  KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri. Masing-masing industri yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manajemen yang diterapkan. Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk-produk elektronik.

Ø  SALING KETERGANTUNGAN
Yaitu masing-masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. Hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bias eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain.
Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.

Ø  PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelanggannya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap, trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

4.       Pesan Bisnis dalam Kehidupan Masyarakat Sekarang Ini

Bisnis sangat berperan besar dalam kehidupan masyarakat. Dalam berbisnis kita harus memiliki ciri khas yang dapat menunjukkan bahwa ini adalah bisnis kita. Kebanyakan orang pada zaman sekarang melakukan bisnis secara berkelompok atau dengan kata lain mereka mendirikan suatu organisasi secara bersama-sama. Bagi saya pribadi, setiap orang mungkin ingin melakukan bisnis agar memperoleh keuntungan, tetapi itu tergantung dari tekad dan kemauan dalam dirinya sendiri dan juga tentunya modal yang ia punya pada saat akan mengelola bisnis tersebut. Tidak dapat dipungkiri lagi apabila dengan berbisnis banyak keuntungan yang dapat kita peroleh, tetapi sebanding juga dengan resiko yang akan kita ambil. Oleh karena itu, setiap apapun yang kita lakukan dengan tekad yang kuat dan juga usaha karena segala sesuatu bahkan kesuksesan dan keberhasilan tidak datang dengan sendirinya, setidaknya kita bisa memperlajari ilmu bisnis terlebih dahulu agar kita dapat menguntungkan diri sendiri dan juga mensejahterakan masyarakat lain.
Menurut saya itulah pesan bisnis dalam kehidupan masyarakat kita sekarang ini.





 Sumber :